Perkembangan usaha perikanan dewasa ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Dimana usaha perikanan tersebut sangat tergantung kepada ketersediaan pakan yang merupakan faktor penunjang utama untuk mencapai produksi yang maksimal. Hal ini karena pakan merupakan faktor yang memegang peranan sangat penting dan menentukan dalam keberhasilan usaha perikanan. Pakan yang bermutu akan meningkatkan efisiensi produksi yang sangat berarti karena 60-70% total biaya produksi ikan berasal dari pakan.

Mengingat pentingnya kualitas pakan dalam memacu pertumbuhan ikan, maka perlunya mengetahui kandungan nutrisi dalam pakan tersebut yang meliputi kadar air, protein, lemak, abu, serat dan bahan ekstrak tanpa nitrogen. Sehingga pakan tersebut dapat diberikan sesuai dengan kebutuhan dari tiap-tiap spesies ikan.
Kandungan nutrisi dalam pakan ikan tersebut dapat diketahui melalui pengujian proximat.

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka diperlukan pengetahuan dan informasi mengenai analisis proximat pada pakan ikan. Melalui kegiatan praktikum analisis proximat pada pakan ikan ini dapat memberikan informasi mengenai metode analisis proximat pada pakan ikan dan dituangkan dalam bentuk laporan praktikum.

Iklan